Rabu, 07 Desember 2011

Visi dan Misi Gereja GpdI Anugrah -Gondang Nganjuk


Visi dan Misi Gereja
GpdI Anugrah
 Visi:
Mengembangkan Kerajaan Allah melalui gaya hidup yang semakin sederhana, seturut teladan Yesus dalam kehidupan di Akhir zaman.

Misi:
Membawa orang kepada Kristus untuk beribadah kepada-Nya dan menjadi keluarga yang saling mengasihi, bertumbuh dalam iman serta melayani Tuhan berdasarkan kasih yang tidak menuntut balas.

Thema Gereja Tahun 2011:
"Hidup Sederhana dan Bersahaja demi kemuliaan-Nya.."

Motto:
Mengasihi, beribadah, dan Melayani hanya kepada Tuhan Yesus Kristus.

Statemen Anggota Jemaat GpdI “Anugrah” Gondang – Nganjuk :
  1. Beribadah Kepada Tuhan Yesus Kristus,
  2. Bersekutu dengan keluarga Tuhan,
  3. Bertumbuh di dalam Tuhan Yesus,
  4. Melayani Tuhan dan,
  5. Memenangkan jiwa untuk Tuhan Yesus Kristus.




Pemuridan di GPdI  “Anugrah” Gondang Nganjuk


gambar jemaat.jpg
“…dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu.” (Matius 28:20)
5 LANGKAH PEMURID AN YANG EFEKTIF :
1.    “untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus, sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus, sehingga kita bukan lagi anak-anak, yang diombang-ambingkan oleh rupa-rupa angin pengajaran, oleh permainan palsu manusia dalam kelicikan mereka yang menyesatkan, tetapi dengan teguh berpegang kepada kebenaran di dalam kasih kita bertumbuh di dalam segala hal ke arah Dia, Kristus, yang adalah Kepala.” (Efesus 4:12-15)
2.    Ketika seseorang diselamatkan oleh kasih dan anugrah-Nya, yaitu saat ia percaya kepada Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamatnya, maka hal itu barulah langkah awal dalam kehidupan barunya. Firman Tuhan menggambarkan seorang yang baru diselamatkan sebagai seorang bayi rohani, yang harus terus mengalami pertumbuhan untuk semakin dewasa.
3.    Pertumbuhan tidak terjadi secara otomatis setelah kita percaya kepada Yesus, melainkan harus secara sengaja diusahakan. Dalam Amanat Agung-Nya, Yesus mengata-kan bahwa mereka yang telah dimenangkan bagi Kristus, harus dimuridkan yaitu diajar mengenai kebenaran Firman Tuhan dan melakukan segala yang diperintahkan Tuhan (Mat 28:20).
4.    Setiap anak Tuhan harus mengalami pertumbuhan dalam kehidupan kerohaniannya. Kita memiliki tujuan agar hidup kita semakin menjadi seperti Kristus. Hal ini seperti yang Firman Tuhan katakan dalam Efesus 4:12-15 di atas. Untuk mencapai hal itu, kita tidak cukup dengan datang dalam ibadah hanya satu minggu sekali, kita harus belajar akan kebenaran Firman Tuhan sehingga kita tidak akan mudah diombang-ambingkan oleh berbagai pengajaran di dunia ini dan pada akhirnya mencapai tujuan tersebut.
5.    Untuk mencapai tingkat pertumbuhan yang baik, maka kami menyiapkan salah satu sarana untuk mencapainya yaitu dengan menyediakan program pemuridan agar seluruh jemaat dapat belajar dalam kelas pemuridan yang disediakan oleh Gereja Anugrah.

Oleh karena itu, saya menghimbau agar seluruh jemaat dapat belajar dalam kelas pemuridan
ini sehingga kita semua akan semakin kuat dan kokoh di dalam Kristus.
Tuhan Yesus Memberkati kita semua!

Landasan dan Tujuan Gereja


1. Mengasihi Allah 
Dikatakan dalam Alkitab, bahwa mengasihi Allah dilakukan dengan seluruh hidup kita (Mat.22:37; Rm.12:1). Semuanya ini merupakan sifat dari hubungan  manusia dengan Allah, sebagaimana tujuan Allah menciptakan manusia yakni untuk mengasihi Diri-Nya, karena Ia mengasihi buatan-Nya. Wujud kasih kepada Allah dinyatakan melalui penyembahan (Mzm.34:4;    Mat.4:10; Yoh.4:23).

2. Membawa orang untuk bertobat.
Mengacu dari kita mengasihi Allah, kita sebagai orang percaya kepada Tuhan Yesus Kristus seharusnyalah kita menjadi terang yang harus terus bercahaya di hadapan semua orang dan bahkan mampu membawa orang lain menyadari akan keberadaan mereka pada penghukuman yang siap menanti manusia yang tidak bertobat dari dosanya. (Mat 3:2; 4:17)
3. Membaptiskan 
Baptisan berarti tanda pertobatan dan pengampunan dosa (Mrk.1:4) yang sekaligus menyatukan status kewargaan Kerajaan Allah ( Rm. 6 : 1-5 ; 1 Kor.12 : 13 ).  Dibaptiskan berarti pertama-tama disatukan dengan Kristus kemudian dengan segenap orang percaya ( Ibr.12 : 1 ).   Oleh karena itu, "membaptiskan" berarti menyatukan orang lain dengan kita karena Kristus. Konsekuensi suatu persekutuan dalam Kristus adalah adanya (a) pertobatan, dan (b) pengampunan. Dapat dikatakan bahwa di atas kedua konsep tersebut dapatlah dibangun satu ikatan kasih di antara kita karena kasih Kristus yang telah dinyatakan-Nya lebih dahulu.

3. Mengajar untuk Taat
Belajar, seharusnya, menjadi motifasi setiap orang percaya dalam mengikut Yesus Kristus dengan tujuan agar sampai pada satu standar Kesempurnaan Kristus yang taat kepada Bapa-Nya (Kol.1:28; Flp.2:5-8). Gereja diciptakan dengan target untuk mengajar bangsa-bangsa menjadi taat / loyal kepada Allah (Ef.4:12-13). Proses itulah yang berulangkali oleh Yesus Kristus dilakukan sebagai pola pemuridan.


4. Mengasihi Sesama 
Hukum Allah adalah aturan di dalam kompleks Kerajaan Allah. Allah membuat aturan dengan tujuan untuk mengatur hubungan di antara anggotanya. Gereja, sebagai alat pembangunan Kerajaan Allah, harus menjadi tempat orang untuk dapat saling mewujudkan kasih di antara anggotanya. Gereja diciptakan Allah adalah untuk menjadikan kasih nyata di antara sesama umat-Nya. Gereja harus melengkapi anggotanya untuk pekerjaan pelayanan (Ef.4:12).

5. Pergi dan Menjadikan Murid Kristus 
Gereja diciptakan Allah untuk mengabarkan Injil Keselamatan. Karena memang itulah tugas Gereja sebagai alat pembangunan Tubuh Kristus yang pada akhirnya akan terciptalah Kerajaan Allah. Keempat Injil (Mat.28:19-20; Mrk.16:15; Luk.24:47-49; Yoh.20:21) dan Kisah Rasul (1:8) mencatat perkataan Yesus tentang tugas Tubuh-Nya, yakni Gereja-Nya ini, selama di bumi – untuk mengabarkan tentang Diri-Nya. Memberitakan Injil lebih dari hanya sekedar perintah, tetapi Hak Istimewa yang diberikan Allah kepada manusia (1Ptr.1:12). Selama masih ada orang yang belum mendengar Injil Kristus berarti Gereja masih memiliki mandat tersebut.

Pelayanan Untuk Jemaat

Keanggotaan Jemaat
  1. Berjemaat dengan setia
  2. Mengisi formulir
  3. Melibatkan diri pada pelayanan gereja.
Pelayanan Baptisan Air
  1. Sudah berjemaat selama 3 bulan
  2. Mengisi formulir
  3. Mengikuti konseling
Pelayanan Pernikahan
  1. Salah satu calon sudah berjemaat dengan setia selama 6 bulan
  2. Sudah mengikuti baptisan air (selam)
  3. Mengikuti konseling pranikah
Penyerahan Anak
  1. Mengisi formulir
  2. Mengikuti konseling orangtua
Pelayanan Kedukaan
Jika ada kabar duka atau sakit penyakit, segera informasikan ke Gembala Sidang atau Staf Pastoral



Pelayanan  Peribadatan
Untuk melaksanakan tujuan ibadah yaitu mempersiapkan orang untuk mengerti tujuan utamanya mengapa ia ada di dalam dunia.
Bidang pelayanan yang ditangani:
  • Pujian & Penyembahan
  • Singers
  • Berkaitan dengan kebaktian umum
  • Doa Kemenangan 
Bertugas untuk merencanakan dan mengawasi ibadah raya, ibadah doa, dan kegiatan khusus, serta menyediakan musik dan pelayanan bagi ibadah bagian lain di gereja. Bertanggung jawab untuk mengusahakan bahwa setiap orang yang datang, akan menyukai kebaktian. 

Pelayanan Persekutuan
Untuk melaksanakan tujuan persekutuan yaitu mempersiapkan orang untuk menjadi bagian dalam keanggotaan keluarga besar Gereja GpdI Anugrah Gondang-Nganjuk.
Bidang pelayanan yang ditangani:
  • Kegiatan Doa & Pos P.I
  • Keanggotaan

Bertugas untuk memperhatikan kebutuhan setiap jemaat, nisalnya pernikahan, penguburan, kunjungan ke rumah sakit, dan tugas-tugas diakonia dalam jemaat. Bertanggung jawab atas semua kegiatan persekutuan dalam keluarga jemaat, serta memastikan mereka yang telah bergereja dua bulan berturut-turut akan menjadi anggota gereja setia.

Pelayanan Pemuridan
Untuk melaksanakan tujuan pemuridan yaitu memperkuat persepsi Alkitabiah di dalam diri setiap jemaat.
Bidang pelayanan yang ditangani:
  • Menyiapkan bahan pembinaan rohani untuk jemaat
  • Seminar dan pembinaan jenis lain
  • Mengadakan pelawatan Pelajaran Alkitab.

Bertugas atas kelas-kelas pemuridan, penelaahan Alkitab, serta mempromosikannya. Juga Mengerjakan pedoman saat teduh untuk keluarga, kurikulum pelajaran Alkitab, dan berbagai perlengkapan untuk menolong orang percaya bertumbuh. Bertanggung jawab untuk memimpin para anggota untuk membuat komitmen rohani yang lebih dalam dan menolong para anggota berkembang ke arah kedewasaan.

Pelayanan  Penginjilan
Untuk melaksanakan tujuan penginjilan yaitu jemaat memiliki hati misi – untuk mencari dan menyelamatkan yang terhilang.
Bidang pelayanan yang ditangani:
  • Penginjilan Pribadi
  • Perjalanan misi

Bertugas untuk merencanakan, mempromosi, dan melaksanakan berbagai kegiatan dan program penginjilan serta proyek misi, serta mengatur apa saja yang perlu untuk menjangkau masyarakat dan dunia bagi Kristus. Bertanggung jawab untuk mendorong jemaat memiliki hati yang berkorban untuk Tuhan dan memiliki beban untuk membawa orang lain pada Tuhan (keselamatan).

Pelayanan, Sekolah Minggu, Sosial, Team Besuk.
Untuk melaksanakan tujuan pelayanan yaitu  bahwa setiap orang DAPAT melayani di dalam gereja
Bidang pelayanan yang ditangani:
  • Sekolah Minggu, Kaum Muda, Kaum Pria, Kaum Wanita
  • Pelayanan Sosial
  • Pelayanan Kunjungan

Bertugas untuk mengubah anggota menjadi pelayan dengan membantu mereka menemukan BENTUK mereka bagi pelayanan serta mengarahkan mereka untuk menemukan tempat yang sudah ada untuk melayani atau menemukan pelayanan yang baru, untuk mengungkapkan karunia dan kemampuannya. Bertanggung jawab untuk mengupayakan agar setiap jemaat akan berlatih diri melayani di dalam gereja.

Pastoral dan Staf


Pdt. Sulung Widi Sasmita, S.Th.,
Sulung SMA.jpg
PICT0110.JPGSulung lahir 8 Agustus 1965 di Malang, Jawa Timur. Dengan latar belakang keluarga militer,  membuat Sulung kecil tumbuh dan berkembang dengan disiplin yang tinggi. Walapun memiliki latar belakang militer Sulung selalu bertutur tegas dan tidak basa-basi. Sulung  menyelesaikan pendidikan menengah atas di Sidoarjo Jatim.  Pada tahun 1991 Sulung  menyelesaikan Pendidikan Dasar Sekolah Alkitab di Sekolah Alkitab Batu, Tingkat :I Tahun 1992 dan Berpraktek di GpdI Sawahan Jombang, Melanjutkan Tingkat II Tahun 1993, Berpraktek di GpdI Jatiroto Lumajang Jatim.  Gelar  Sarjana Theologia dari Sekolah Tinggi Teologia GpdI-Batu (S.T.A – Batu) Malang. Tahun 2009,Sulung mulai merintis pelayanan dengan membuka cabang pelayanan di Desa Gondang Kecamatan Gondang Kabupaten Nganjuk Jawa Timur. Sebelumnya, pada tanggal 28 Nopember 1997, Sulung menikah dengan Elisa Prasetyaningtyas, yang juga satu kota, dengan tempat kelahiran Sulung yaitu di  Malang. Saat ini mereka berdua dengan tetap setia melayani Tuhan, sekalipun belum lagi di karuniai anak sendiri, kecuali sekolah minggu.


Elisa lahir di Malang, 29 April 1978. Setelah menyelesaikan pendidikan menengah di Malang, Elisa melanjutkan pendidikan di  Sekolah “S.O.B” di Malang. Pada tanggal 28 Nopember 1997, Elisa menikah dengan Sulung Widi Sasmita. Elisa  saat ini bersama suami menjadi pelayan di GPdI”Anugrah” Gondang Nganjuk Jawa Timur.
DSC06101.JPG
TEAM MUSIK GPdI-Anugrah Gondang-Nganjuk : Mereka dengan setia melayani Tuhan lewat talenta yang mereka miliki ; Sdra.Indra, Samuel, Pungkas, Yoga Setiawan,maju trus..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar